Diskominfo Juarai Lomba Fashion Show Festival Batik Probolinggo

MAYANGAN – Ajang Festival Batik Khas Probolinggo yang diadakan Senin malam (31/10) di Alun-Alun Kota Probolinggo menampilkan karya dari pengrajin batik khas Kota Probolinggo. Giat ini dikemas dengan Lomba Fashion Show antar Perangkat Daerah. 33 peserta perwakilan perangkat daerah pun totalitas membawakan batik yang diperagakan.

Tak ketinggalan, Diskominfo Kota Probolinggo memeriahkan gelaran yang diadakan oleh Dekranasda Kota Probolinggo tersebut dan berhasil meraih juara. Diskominfo mengirimkan 5 pasang stafnya yang terdiri dari 5 perempuan dan 5 laki-laki dan berjalan di atas panggung bersama Kadiskominfo Pujo Agung Satrio dengan koreografi ciptaan mereka sendiri.

Dalam lomba yang juga diadakan untuk memperingati Hari Batik Nasional tersebut, Diskominfo menggunakan Batik Cumang dari Pengrajin Tamyis yang beralamat di Perum Prasaja Mulya. Batik ini merupakan batik khas Probolinggo beraneka motif di antaranya motif kembang jagung, motif, mangga anggur, kerang mutiara, taman seribu dan sebagainya. Batik Cumang sendiri mulai berdiri sejak tahun 2009 dengan didukung tenaga yg telaten dan menjaga kualitas, terutama pemilihan kain yang baik menjadikan batik Cumang berkembang sampai sekarang.

Batik yang digunakan ialah Guci Kehidupan, yang mempunyai makna kepribadian atau jiwa seorang pemimpin yang pantang menyerah dan menyukai tantangan serta siap menampung semua aspirasi bawahan atau masyarakatnya.

Untuk koreografi, Diskominfo mengambil tema kampanye #WeLoveCities dan Batik. Karena tanggal 31 Oktober 2022, merupakan hari penutupan kampanye WeLoveCities. Jadi dalam setiap gerakan yang dibawakan oleh model Diskominfo selalu ada simbol cinta, yang berarti #WeLoveProbolinggo. Kampanye WeLoveCities adalah sebuah kampanye dunia di bidang lingkungan yang mengajak pemerintah daerah di seluruh dunia untuk mengajak masyarakat lebih peduli dengan lingkungan yang diadakan oleh organisasi nirlaba dunia, WWF. Kampanye ini melibatkan 72 kota dari 31 negara. Di Indonesia hanya 3 Kota yang terpilih yaitu Kota Probolinggo, Jakarta, Balikpapan.

Kepala Diskominfo Kota Probolinggo Pujo Agung Satrio mengaku tak menyangka ia dan timnya akan lolos menjadi pemenang. “Nggak nyangka. Yang pasti ini hasil kerja keras teman-teman yang sudah berlatih selama dua hari ke belakang. Teman-teman, ini berkat kalian yang luar biasa hebat dan handal,” tutupnya. (

Diskominfo Kota Probolinggo Diskominfo Kota Probolinggo